Senin, 12 November 2012
Cara mengatur waktu yang baik dan efektif
·
·
Tentu
waktu 24 jam per hari rasanya tidak cukup untuk menyelesaikan tugas menumpuk
dari pekerjaan yang tersisa. Skala prioritas menjadi penting untuk Anda susun.
Ciptakan skala prioritas pekerjaan manakah yang paling penting dan harus segera
diselesaikan. Juga pekerjaan manakah yang bisa dikerjakan belakangan. Semua itu
bertujuan untuk melatih Anda menyelesaikan segalanya secara tepat waktu.
·
Jangan menunda pekerjaan,
disiplinlah !
·
Bila
bisa diselesaikan saat ini juga, mengapa harus ditunda? biasakanlah diri untuk
disiplin dalam mengerjakan apapun. Ingatlah, semakin lama Anda menunda sebuah
pekerjaan, maka semakin besar pula rasa malas yang Anda bangun. Inilah penyebab
pekerjaan Anda terus menumpuk, tanpa ada yang terselesaikan dengan tuntas.
Karena itu membangun disiplin diri menjadi langkah awal bagi Anda untuk bisa
sukses menjalankan manajemen waktu yang sudah direncanakan. Ada baiknya Anda
mempelajari cara
mengatasi penundaan.
·
Bantulah dengan membuat jadwal.
·
Jadwal
kegiatan akan membantu Anda mengingatkan segala pekerjaan yang harus
diselesaikan dalam rentang waktu tertentu. Jadwal ini bisa berupa jadwal
kegiatan harian dengan keterangan jenis-jenis kegiatan Anda yang harus selesai
hari itu. Dengan jadwal yang tersusun benar dan Anda ingat selalu, waktu pun
bisa diatur dengan baik.
·
Fokuslah menuntaskan satu
pekerjaan.
·
Untuk
menghasilkan output yang optimal, kerjakanlah satu tugas saja dalam satu waktu.
Mengerjakan lebih dari satu kegiatan dalam waktu bersamaan hanya akan membuat
Anda tidak fokus sehingga mempengaruhi hasil. Lebih baik Anda fokus untuk
menuntaskan satu tugas terlebih dahulu, baru selanjutnya mengerjakan tugas
berikutnya. Cara ini sangat membantu Anda untuk bekerja secara efektif,
sehingga semua tujuan Anda dapat tercapai sesuai dengan target waktunya.
·
Hargailah setiap waktu yang Anda
habiskan.
·
Setiap
waktu harus dimanfaatkan dengan maksimal sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja
saat jam kerja, maka gunakan tenaga danpikiran Anda untuk fokus menyelesaikan
pekerjaan dan tugas Anda. Begitu juga pada saat jam istirahat, hargai serta
manfaatkanlah untuk refresing dan sejenak mengistirahatkan pikiran Anda. Ini
akan memulihkan pikiran dan tenaga Anda sehingga siap kembali bekerja dengan
optimal. Dengan menghargai waktu yang Anda miliki sesuai dengan porsinya, maka
setiap jam yang Anda lewati akan memberikan manfaat bagi Anda.
Awal sebuah keberhasilan
ditentukan oleh manajemen waktu, sehingga hanya Anda yang akan merasakan dampak
dari membiarkan waktu terbuang sia-sia. Banyak-banyaklah belajar langsung
dengan para motivator untuk mempermudah Anda menjadi ahli dalam manajemen
waktu.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar